search

BACKSOUND

Senin, 21 Februari 2011

Aliran dan Pertunjukan Sulap [Magic]


Akhir-akhir ini magic a.k.a sulap dalam Bahasa Indonesia kembali berkibar di dunia pertelevisian Indonesia berkat adanya acara The Master di RCTI. Acara yang bertujuan mencari pesulap baru itu sudah menghabiskan dua sesi dimana Joe Sandy keluar sebagai pemenang dan Limbad sebagai pemenang di sesi 2. Selanjutnya Joe Sandy dan Limbad akan diadu untuk dicari siapa yang lebih baik besok tanggal 1 Mei 2009. Saia tidak terlalu mengikuti acara itu dari awal tetapi saia perhatikan sangat menarik sekali variasi tipe sulap yang dipertunjukan di The Master Session 2. Ada Limbad yang kata Deddy Corbuzier mengusung aliran Fakir Magic, Denny Darko yang mengandalkan kemampuan otak dan prediksi atau Romedhal yang bermain mengandalkan kecepatan tangan.
Seperti halnya yang disampaikan oleh para juri bahwa sulit untuk menentukan siapa yang pantas menang karena masing-masing peserta mengusung aliran yang berbeda. Ibarat lomba essay maka lomba itu tidak ditentukan temanya apa. Walhasil dimungkinkan yang sampai final adalah dua tipe yang berbeda yang sama-sama layak menang.
Gara-gara acara the Master itu saia menjadi tertarik untuk mencari tahu sebenarnya tipe atau aliran dalam sulap itu apa saja. Sekalipun dalam Bahasa Inggris sulap disebut Magic akan tetapi tidak ada unsure bantuan makhluk gaib dalam pertunjukan magic atau sulap. Dulu sempat dikabarkan David Copperfield yang pernah mempertunjukkan sulap dia bisa terbang, langsung muncul desas-desus bahwa dia menggunakan bantuan makhluk halus. Akan tetapi desas-desus itu terbantahkan setelah keluar video yang menunjukkan bagaimana trik itu dilakukan. Video itu sekarang banyak tersebar di youtube.
Berdasarkan informasi yang tersedia di gudang informasi segala ada bernama
Wikipedia, disebutkan ada beberapa tipe aliran dan pertunjukan sulap. Di halaman Wikipedia itu tidak pisahkan antara aliran dan tipe pertunjukan sehingga di sini saia pisahkan antara keduanya untuk lebih memudahkan.
Aliran Sulap
  1. Escapology
    Escapology adalah pertunjukan sulapp yang mengkhusukan diri dengan pertunjukan sang pesulap melepaskan diri dari jeratan atau kurungan. Misalkan sang pesulap dimasukan ke dalam tabung berisi air sambil dirantai. Setelah tabung ditutup kain, sekian menit kemudian setelah suasana mulai tegang sang pesulap tahu-tahu sudah bebas. Pesulap tipe ini yang sangat terkenal adalah Harry Houdini. Salah satu pesulap the Master [lupa namanya ^_^] juga pernah mempraktekan tipe pertunjukan escapology ini. Jeratan yang ia gunakan adalah jeratan baju yang biasa dikenakan pada orang gila di Rumah Sakit Jiwa.
  2. Mentalism
    Di sini pesulap membuat kesan seolah ia bisa membaca pikiran orang, memprediksikan sesuatu, atau mengontrol pikiran orang. Saia kira kita semua sudah tahu siapa contohnya di Indonesia, yaitu si Dedy Corbuzier. Deny Darko juga bisa dikatakan seorang mentalis sama seperti Dedy Corbuzier.
  3. Bizarre Magic
    Pertunjukan sulap yang menggunakakan efek-efek mistis, fantasi atau horror dalam pertunjukannya. Limbad di acara the Master mungkin dapat dikatakan sebagai pesulap Bizare Magic karena dia menghadirkan efek mistis dalam pertunjukannya. Dia seolah hanya mau berkomunikasi dengan burung hantunya dan tidak mau berbicara dengan orang lain. Setelah berkomunikasi dengan burung hantunya ia dapat melakukan hal-hal yang mengejutkan penonton.
  4. Fakir Magic
    Fakir Magic adalah aliran yang kono berasal dari India dimana sang pesulap seolah mempunyai sebuah kekuatan supernatural. Dia bisa tahan terhadap goresan pedang atau benda tajam lain. Tiduran di atas paku dan trik aneh lainnya. Seperti yang dikatakan Dedy Corbuzier, Limbad adalah salah seorang pesulap Fakir Magic. Dia bisa tidak luka mendaki tangga dari pedang dan bahkan dilindas semacam buldoser tanpa luka. Pesulap ini tidak akan pernah membeberkan rahasianya. Dia memang sengaja meninggalkan kesan misterius di depan penonton dan membuat penonton bertanya-tanya bagaiman hal itu bisa dilakukan.
  5. Mathemagic
    Pertunjukan sulap yang mengkombinasikan sulap dengan matematika. Joe Sandy yang pernah membuat kotak berisi angka yang jumlahnya secara vertical horizontal sama, atau Deny Darko yang menghitung jumlah angka yang disebut penonton bisa dikatakan memeprtunjukan sulap jenis ini.
  6. Online Magic Trick
    Sulap modern dimana pesulapnya adalah program computer. Biasanya trik yang digunakan hanyalah ilusi mata saja. Contohnya adalah ini.
Tipe Pertunjukan Sulap
  1. Stage Illusion
    Di sini pesulap tampil di depan penonton dalam jumlah banyak dan dilakukan di dalam ruangan atau panggung yang sangat besar. Tipe sulap ini biasanya menggunakan property-properti besar, hewan-hewan yang tidak biasa seperti harimau atau gajah serta menggunakan bantuan asisten dan model. Pesulap tipe ini yang sangat terkenal adalah David Copperfield
  2. Platform Magic [biasa juga disebut Cabaret Magic atau Stand-up Magic]
    Berbeda dengan yang pertama, platform magic adalah sebuah pertunjukan sulap yang biasanya diadakan di hadapan penonton yang jumlahnya tidak terlalu besar seperti di club atau café. Properti yang digunakan cukup simple seperti koin, kartu, tali, atau kain. Kalaupun menggunakan binatang biasanya pesulap menggunkan binatang kecil semacam merpati atau kelinci
  3. Micro Magic [biasa juga disebut Close up Magic atau Table Magic]
    Di pertunjukan sulap ini jarak antara pesulap dan penonton sangat dekat. Seringnya justru malah penonton diajak turut serta memainkan sulap berhadapan dengan sang pesulap di sebuah meja. Propertiyang digunakan sangat sederhana seperti kartu atau koin. Dedy Corbuzier menampilkan tipe pertunjukan seperti ini dengan mengajak VJ Marissa di acara final the Master sesi 2 kemarin. Pesulap Indonesia yang juga sering menggunakan model ini adalah Damian. Hanya saja Damian lebih sering mempertunjukan Street Magic [tipe ini ada di urutan selanjutnya, harap sabar ^_^]
  4. Theatrical Seanches
    Tipe pertunjukan ini sangat kental suasana mistisnya. Di sini seolah-seolah pesulap berhubungan dengan arwah orang yang sudah meninggal dan setelah itu sang pesulap menjadi bisa melakukan sesuatu yang luar biasa.
  5. Children Magic
    Pertunjukan sulap yang ditujukan untuk anak-anak sebagai penontonnya.
  6. Street Magic
    Sulap yang dilakukan tidak di atas panggung dan menggunakan orang yang ditemui sang pesulap sebagai sukarelawan secara acak dalam pertunjukannya. Tempat sulap ini misalnya di jalan atau taman atau tempat-tempat lain. Istilah Street Magic dipolerkan oleh David Blaine lewat acaranya yang ber-tajuk Street Magic itu. Di Indonesia juga ada pesulap Street Magic yaitu Damian. Street Magic murni digunakan untuk konsumsi TV dengan target menangkap kekaguman para sukraelawan yang diajak secara tiba-tiba itu
  7. Corporate Magic
    Pertunjukan sulap yang dipesan untuk mengiklankan sesuatu. Lagi-lahi Dedy Corvuzier adalah contohnya. Di pertunjukan sulapnya di acara the Master dia selalu sambil mengiklankan produk oli sponsor acara itu.
Kesimpulan
Sekalipun ada beberapa aliran sulap dan mungkin masih belum tertampil di atas akan tetapi para pesulap terkadang tidak terlalu saklek pada aliran yang dia ikuti. Memang Dedy Corbuzier tampak mengkhusukan diri sebagai mentalist meskipun pada awal kemunculannya dia juga menunjukan kesan seolah dia juga penganut Bizare Magic dengan kemampuan membengkokkan sendok hanya dengan di tatap. Limbad yang juga tampak mengkhusukan diri di Fakir Magic juga di pertunjukan Final The Master 2 berubah menjadi escapologist saat beraksi membebaskan diri dari rantai.
Pertanyaan yang belum saia temukan jawabannya apakah hipnotis seperti yang dilakukan Romy Rafael juga termasuk sulap? Karena seperti yang kita lihat hipnotis yang dia lakukan kadang seolah Cuma acting saja dan cenderung itu-itu saja.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design